Saturday, September 03, 2005

Hals entzundung

Kamis malam mama menjadi terkejut sekali ketika mendapati tangan Adna panas sekali. Lalu kening Adna juga demikian. Paginya mama memberikan paracetamol 250 mg berbentuk kapsul yang dimasukkan lewat anus. Kondisi Adna berangsur-angsur pulih. Demamnya turun dan ia sudah mulai aktif bermain lagi. Namun menjelang sore hari kembali suhu tubuh meninggi. Berkisar antara 39-40 derajat. Wah..wah...segera mama mengambil paracetamol lagi. Namun paracetamol kedua ini sama sekali tidak mempan.

Dari sini mama berkesimpulan bahwa demamnya Adna adalah bukan demam seperti biasanya. Paracetamol dihentikan sementara dan harus segera dibawa ke dokter Sabtunya. Sabtu pagi Adna nampak berangsur-angsur pulih meski tanpa paracetamol. Adna masih mau makan dan tidak mengeluh tenggorokannya sakit. Bahkan masih mau menelpon eyangnya di Jakarta dengan suara riang. Ya sudah diurungkan saja pergi ke dokter. Namun menjelang tengah hari Adna kelihatan lemas lagi dan suhu tubuh kembali meninggi. Tanpa pikir panjang lagi kami bawa ke dokter darurat di Klinik anak RS Harlaching tempat Adna dilahirkan dulu.

Setelah diperiksa dokter bilang Adna kena Hals entzundung atau radang tenggorokan. Namun jika melihat Adna yang tidak mengeluh sakit jika menelan makanan kami berharap semoga sakitnya tergolong masih belum terlalu parah. Adna diberikan antibiotik berbentuk sirup yang harus diminum 3X2,5 ml dalam sehari selama rentang waktu 10 hari.

Adna untungnya tidak rewel, namun penginnya selalu dekat sama mama. Adna selalu meletakkan kepalanya di pangkuan mama. atau paling tidak tangannya harus menyentuh badan mama. Supaya Adna gak bosen maka mama meletakkan kasur di depan TV agar Adna sewaktu-waktu bisa nonton acara hiburan anak-anak.

Sementara ini Adna mungkin belum masuk sekolah sampai beberapa hari dulu. Adna padahal lagi seneng banget di sekolah. Karena saat makan siang selalu ada es krim atau es biasa. Belum lagi kalau main di luar selalu disediakan cemilan maupun buah. Adna juga sedikit-demi sedikit sudah bisa main sama temen-temennya itu.

No comments: