Wednesday, March 14, 2007

Adna dan kehadiran Adik

Masih ingat di benak mama, waktu sepulang dari pengajian keluarga Adna bilang kalau dia pengen juga punya Adik seperti Dara dan Naqishya. Terus lain waktu Adna juga bertanya bagaimana sih bisa punya Adik seperti yang lainnya. Mama hanya bilang yah Adna berdoa aja dan jadi anak sholeh supaya Allah kasih Adna adek. Kadang pertanyaan Adna terus bergulir lagi dengan bilang, " Adna tahu kalau adek itu dari Allah, tapi gimana sih datangnya?!".Hehehhe mungkin Adna mikirnya gimana sih asal usul kejadian baby itu?


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


Mama hanya bisa ngasih perumpamaan biji yang tumbuh di tanah. Terus biji itu jadi tanaman kemudian berbunga dan berbuah. Jadi ayah ngasih mama biji itu terus tumbuh di perut jadi baby.Hmm...kayaknya Adna masih belum ngerti.Maaf Adna, mungkin mama masih belum terlalu jelas abis susah sih jelasinnya. Paling cuma mama kasih lihat buku yang dari majalah ayahbunda tentang proses tumbuh kembang bayi selama 9 bulan. Baby itu dari mulai hanya seperti titik terus seperti kecebong lama-lama berbentuk kepala ada tangannya ada kakinya dst.

Dan ketika Adam belum lahir-lahir,Adna terus bertanya kapan baby-nya lahir?.Mama bilang,"Coba Adna bilang ke baby di perut mama!". Lalu Adna teriak tepat di perut mama,"Baby...raus...!".Alhamdulillah baby-nya lahir dengan selamat. Adna sudah suka sekali bermain-main dengan Adam. Bahkan Adna berusaha menunjukkan ke teman-temannya bahwa dia juga sekarang punya baby kok. Misal waktu Dara telpon, Adna bolak balik meninggalkan telpon dengan alasan pengen ngeliat baby-nya. Sampai-sampai Dara yang merasa dicuekin jadi kesal dan ngadu ke mamanya,"Kenapa Adna begitu Mama,Dara kan juga punya adik....!". Atau lain waktu Niki datang bareng papa,mama,dan adiknya begitu mereka sampai pintu Adna langsung teriak ke Niki.."Adna sekarang juga punya Adik..!".Memang dulu Niki sempat cerita kalo dia punya adik yang gendut,lucu, tapimasih kecil....waktu itu Adna belum punya Adik. Hahha..padahal kejadian itu udah setahun yang lalu Adna tapi masih inget aja.


Kisah sedih Adna

Tapi selain merasa senang dengan kehadiran adik, diam-diam Adna memendam kecemasan tersendiri. Seminggu sebelum Adam lahir tiba-tiba Adna sering sekali ngompol.Padahal sejak masuk TK adna udah gak ngompol-ngompol lagi. Saat itu mungkin Adna ngeliat Mama dengan perut besar dan berat jadi kasihan kalau harus bolak-balik nemenin adna ke kamar mandi.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Dan ngompolnya makin sering ketika Adam lahir. Siang-siang bahkan bisa sampai 5 kali dia ngompol. Terutama kalau datang temen-temennya. Adna klo ngompol biasanya gak ribut jadi dia ambil sendiri celana dari lemari terus dia ganti sendiri. Celana bekas ompolnya dibiarkan teronggok begitu saja di depan lemari yang juga di balik tempat tidur. Dari luar gak kelihatan tapi begitu mama lihat ya ampun itu celana kotor udah menumpuk.

Malam hari pun Adna pasti mengompol meskipun acara rutin gosok gigi dan pipis sebelum tidur masih terus berjalan,tapi entah kenapa paginya selalu celana adna basah. Mama jadi terkadang kesal dibuatnya. Karena kalau Adna ngompol sewaktu tidur semua jadi basah. Kasur, seprei,selimut,bantal, waduh mama dibuatnya pusing tujuh keliling.

Aksi ngompolnya juga berlanjut hingga waktu tidur siang di TK. Mama jadi gak enak dengan gurunya Adna. Untungnya Evi, guru senior di TK-nya Adna, suatu hari pernah bilang ke mama bahwa hari itu Adna mengompol tapi tolong untuk tidak memarahinya. Ini kejadian biasa bagi yang baru punya adik. Maklum anak-anak juga ada perasaan cemburu. Mama masih belum percaya kalo Adna cemburu. Karena dari tingkah lakunya sama sekali tidak kelihatan. Adna sayang dengan Adam. Mungkin bukan cemburu ke adik melainkan ada perasaan kehilangan Mama.

Yah dulu Adna selalu dibacakan buku cerita sama mama sebelum tidur, tapi sekarang tidak lagi. Mama selalu sibuk nyusuin Adam. Yah akhirnya mama berikhtiar untuk selalu membacakan adna buku cerita lagi bukan ayah seperti biasanya sejak kehadiran adam. Dan malam hari mama membangunkan adna untuk pipis. Meski masih mengompol-ngompoltapi sekarang sudah mulai berkurang.

No comments: