Sunday, March 11, 2007

Hari-hari pertama kehidupan Adam

Sewaktu di RS

Setelah dilahirkan dan dibersihkan Adam langsung diserahkan ke Mama. Sejak itu Adam selalu tidur di box bayi di samping Mama. Tapi rupanya Adam lebih suka tidur di tempat tidur mama. Akhirnya mama dan Adam selalu tidur berdua. Bahkan kalau Mama lagi mau makan di tempat tidur, Adam sama sekali tidak mau ditaruh di box.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


Adam pun sering sekali terbangun dan menangis kalau ada suara yang mengagetkan. Mama jadi agak kerepotan kalau mau kekamar mandi. Karena begitu ke kamar mandi Adam sudah menjerit-jerit. Untungnya tetangga Mama gak merasa terganggu.

Berhubung air susu mama belum keluar banyak, maka Adam selalu kelihatan kehausan.Meski sudah nyusu selama satu jam-an dia selalu kelihatan masih rewel. Akhirnya mama panggil suster dan oleh suster Adam diberi teh, glukosa,atau terkadang susu botol. Kalau lagi diperiksa temperatur Adam juga menjerit-jerit ternyata dia masih lapar jadi terpaksa suster sebelum memeriksa temperatur yang lewat dubur itu selalu memberikan glukosa terlebih dulu.

Sebelum pulang Adam melewati U2 (standar pemeriksaan bayi ketika berusia 4 hari) antara lain pemeriksaan refleksi pada bayi baru lahir seperti refleksi gerakan melangkah,refleksi genggam, tes bilirubin, tes pendengaran, dsb. Setelah dinyatakan baik-baik saja Adam diperbolehkan dibawa pulang.

Adam di rumah

Mbak Adna senang sekali dengan kehadiran Adam. Dia bilang sekarang di rumah gak bosen lagi. Dia langsung pengen gendong Adam. Mama membolehkan dengan syarat harus atas pengawasan mama atau ayah.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Hebamme (bidan) datang ke rumah. Namanya Selime Ă–zdemir, beliau berasal dari suku Kurdi di Turki. Orangnya baik dan ramah. Dia memeriksa kondisi mama misal jahitan bawah atau keadaan payudara dan juga memeriksa pertumbuhan Adam seperti menimbang berat badannya setiap minggu dan juga periksa tali pusernya.

Memang setelah melahirkan kondisi mama selalu parah. Dari mulai HB yang rendah sehingga menyebabkan pusing-pusing. Karena HB rendah maka mama diwajibkan minum zat besi dosis tinggi. Zat besi membuat BAB keras padahal luka jahitan yang sampai dubur belum kering, jadi setiap mau BAB sakit seperti disilet duburnya. Aduh mama jadi nangis setiap mau BAB. Belum lagi payudara yang bengkak sehingga setiap sore mama selalu menggigil.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Adam untungnya gak bermasalah dengan tidur malam. Dia selalu pulas tertidur, kalaupun bangun dia melek-melek aja sendiri baru nangis kalau lapar. Adam tidur sendiri di box-nya. Biasanya dari jam 9 mulai tidur. Jam 2 malam bangun untuk minum susu. Kalau mama gak ngantuk biasanya habis nyusu Adam ditaruh di box-nya lagi tapi kalau mama ngantuk mama Adam tetap tidur bareng mama hingga pagi.

Tiap dua hari sekali Adam di seka dan dimassage dengan baby oil campur minyak telon. Akhir pekan Adam mandi bareng Ayah dan mbak Adna di bathtube karena ember mandi bayi yang bekas mbak Adna dulu sudah retak. Adam diem aja berendam di air hangat.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Setelah mandi dan dimassage biasanya Adam minta nyusu dan kemudian tertidur. Tapi itu pun gak lama. Adam memang sedikit sekali tidurnya kalau siang. Dia emang sensitif dengan suara sehingga mudah terbangun. Biasanya dia main-main sendiri dengan baby gymnastiknya.Tapi gak lama dia psti sudah menjerit-jerit minta ditemani. Adam senang sekali diajak ngobrol,mulutnya pasti ikut-ikutan mengeluarkan suara dan ikut ngobrol dengan bahasa bayi yang ..ua..ua...

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Selamatan Adam

Oh iya sebagai ucapan terimakasih atas kunjungan, doa,dan ucapan selamat dari teman-teman, mama dan ayah mengadakan acara syukuran. Acara tersebut sengaja bertepatan dengan pengajian bulanan Muslim Muenchen di Masjid Darul Qur'an.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


Untuk penyediaan menu makanan mama dibantu oleh Bude Kecik yang memasak nasi kuning, Bude Yulis yang memasak ayam goreng, Bude Bambang yang memasak kering tempe, dan Tante Ismi yang masak telur dadar. Wah kebetulan yang datang banyak, tapi alhamdullillah makanannya cukup. Wah masakannya enak nyam...nyam..nyam....

No comments: