Friday, March 21, 2008

Ma...ma..ma...


Pelajaran bahasa China yang diberikan oleh seorang
native (mahasiswi sastra asing) baru mulai sekitar 1
jam. Tapi aku sudah minum hampir 3 gelas. Kerongkongan
kering kadang rasanya udah mau desperado aja. Tapi duh
mau gimana lagi. Mana si Adam nangis-nangis entah itu
karena pengen nenen lah, pengen main lah, bolanya
gelinding ke kolong lemari dan dia nangis pengen
diambilin...wah..wah..wah..heboh!

Guru : " Coba baca 'ma'...(nada datar)..!"
Aku : " maaaa...!"
Guru : " Betul...!coba baca ma (nada naik)..!"
Aku : " maaaa..!"
Guru : " loh.kok sama dengan yang tadi...?", coba
kalau maa.. (nada bergelombang)...!"
Aku : " maaa....!"
Guru : (geleng-geleng) sekali lagi, maaa...(sambil
kepalanya mantuk-mantuk mengikuti nada gelombang)
Aku : "maaa...(ikutan mantuk-mantuk)!"
Guru : "Masih kurang betul, jika tidak betul nadanya
maka artinya bisa beda...ma (nada datar) itu artinya
ibu, ma (nada bergelombang) artinya kuda, ma (nada
naik) itu ungkapan kasar...!
Aku : (nervous, glek..minum air lagi)

Belum lagi dia masih ngajarin baca b (bao)...dan p
(pao). Setengah mati aku bilang b (b seperti babi)
tapi dianya selalu dengernya aku bilang p (seperti
papi). Berulang-ulang kadang rasanya pengen marah dan
bilang," Apa bukan anda yang salah denger...!. Belum
lagi dengan huruf-huruf z, c, j (yang kedengerennya
sama semua seperti ce). Begitu juga zh, ch...

Dan si guru pun menengguk gelasnya yang kesekian....




E-Mails jetzt auf Ihrem Handy.
www.yahoo.de/go

10 comments:

Dwi Maryatni Saad said...

ya ampun Nuuuur..mbacanya aja ikutan stress gini:p
Sabar ya buk, dinikmati aja, alon alon waton kelakon:)))
Sun kangen buat Adam dan Adna...

echa jatmiko said...

adam aja bu yang suruh belajar, nanti ibu belajar sama adam :-)
sing sabar ya, Bu...masak kalah sama Adam:-D

Tina Martiana said...

Waduh.. guru dan murid jadi bolak-balik kamar mandi gak nih? :p
Ayo... sing sabar... belajar yang rajin ya... hehehe...
Kata temenku yg orang Taipei (kalo gak salah), katanya di bahasa China ada 5 notasi ya?! weleh... weleh...

Agnes Tri Harjaningrum said...

glek! aku ga mau ke china deh nur hehe

Inci Amal said...

pengalaman yang sungguh menarik -))
dulu ada rekan sekantor saya (di univ malaya) asal India panggilannya Gobi.
suatu hari, seorang mahasiswi etnis Cina datang mencarinya.
kami sedang duduk-duduk waktu dia masuk dan bertanya: "Ada nampak kopi ?"
melihat kami bengong, dia pun mengulang dan menerangkan bahwa dia bukan mau minum kopi,
tapi ingin bertemu si Gobi. woalaah .... memang ada yg susah bedain K dengan G, B dengan P, D dengan T etc.

Asmanah Beisler said...

kebayang sih nur susahnya,ternyata ada yg lebih susah dr bhs arab!

arie falter said...

ayo mba nuri,yang semangat,lama lama juga bisa,jadi inget bhs jerman,sampe sekarang aku ga bisa bedain nyebut "hund=anjing" ama kata "huhn=ayam" .:p

hitrifirdaus - said...

susah yah mbak bhs cina.......

hitrifirdaus - said...

mbak tapi klo di spore, bisa kok depend ama bhs inggris, gak usah terlalu khawatir ama bhs cina klo di spore.......atau balik ke muenchen aja mbak :-) maap mas nano.........mbak nuri kapan ke muenchen lg?

Rino Mukti said...

wahahahahaha......kebayang....lucu bangettttttt.....sukses ya.....