Saturday, January 24, 2009

Settle in Bandung

Kami masih mencoba settle di Bandung. Adna udah masuk SD Salman Alfarisi dan Mas Nano sudah bekerja rutin gak seperti kemaren yang seringkali masih disambi ngurus ini itu. Mas Nano sempet kaget dengan lingkungan kerja yang gak seserius teman-temannya di Qimonda/Infineon dulu. Kalau lagi rapat juga seperti bincang-bincang di dalam kelas kuliah. Dan hierarki atasan dan bawahan kebetulan disini gak gitu kentara. Semuanya egaliter mungkin corak kampusnya masih kental. Dan yang membuat mas Nano senyum-senyum, sekarang ada emang-emang yang nganterin nasi bungkus ke mejanya dan tentu juga kopi atau teh manis yang bisa kapan saja dipesan dan datang sendiri ke mejanya. Karena kebiasaan bikin kopi sendiri, eh walhasil si sekretaris tergopoh-gopoh untuk membuatkan buat mas nano. Kejadian kecil sih, tapi cukup mengingatkan bahwa inilah mungkin bedanya antara kerja di jerman dan di Indonesia.

Saya sendiri pertama kali menginjakkan kaki ke Bandung, memang belum prepare untuk melakukan aktivitas di luar rumah yang rutin. Karena saya masih ingin melihat situasi transisi pada anak-anak berjalan lancar dulu. Tinggal di rumah, sambil mengerjakan pekerjaan RT sambil ngurus anak ternyata di kompleks kami yah hanya saya sendiri. Walhasil temen ngobrol saya adalah si embak-embak para asisten RT yang kebetulan bertugas jaga anak-anak para ibu-ibu yang kebetulan rata-rata bekerja di luar rumah. Berbeda dengan gaul saya di Jerman dulu, yang ketika sama-sama mengasuh anak mereka adalah ibu-ibunya sendiri. Tentu saja arah pembicaraan bisa lebih berkembang karena kita punya concern yang sama tentang perkembangan anak dan bagaimana memanage RT.

Namun tak apa, inilah Indonesia, dan tentu saja kita harus beradaptasi. Ketika saya sudah menemukan asisten yang part time, maka saya mulai untuk melirik 'dunia luar'. Mulailah menyambangi kampus dulu. Ada perasaan gak karuan ketika ketemu dosen dan mereka mulai bertanya, "Eh, Anda sedang dalam rangka liburan ya?". Dengan malu-malu saya bilang, " Enggak Pak, saya memang sudah pulang dan tinggal di Indonesia lagi". "Terus sudah bekerja dimana?", tanya si Pak Dosen (direct banget yak). Kembali saya jadi makin tertekan, "Belum Pak, saya sendiri masih cari-cari info...!". "Kenapa pulang?" tanya beliau lagi. "Gak apa-apa Pak, nanti kalau kelamaan takutnya jadi orang Jerman", jawabku sekenanya karena udah mulai kesel. Itu kan pertanyaan yang jawabannya berat dan panjang lebar yang memerlukan situasi yang tenang gak pas lagi dia kebetulan bolak-balik karena harus rapat atau harus ke ruang lain.

Tapi memang untuk start awal, mungkin kita harus mempertebal mental. Tapi tak sedikit juga dosen-dosen yang mendukung kepulangan kami dan membicarakan hal-hal yang memang kami butuhkan. Dan ketemu dengan temen-temen yang kelihatan mapan juga menjadi hiburan tersendiri. Sangat senang. Apalagi ketika mereka bercerita bagaimana dulu dia start awal sebagai seorang pegawai negeri dengan gaji pokok kurang dari 1 juta rupiah. Tapi dia bisa nyambi ngajar di universitas lain. Belum lagi dia dapat kesempatan kuliah lagi sampai  S3 di ITB dari instansinya. Terus proyek-proyek di dalam instansinya yang kebetulan datang berantai.

Selain itu saya juga nyambangi teman-teman yang sedang mengelola LSM pendampingan pemerintah daerah dalam membangun sistem yang anti korup. Mereka kebetulan selalu mendapat tawaran program-program dari NGO-NGO luar negeri dan bahkan LSM mereka sudah diminati oleh volunter-volunter luar negeri. Aku perkirakan volunter-volunter yang gadis-gadis kulit putih manis-manis itu adalah para mahasiswa yang ngambil studi comunity development di negara ke-3.

Entahlah, daftar kesempatan aktivitas mungkin bisa panjang....tinggal keputusan diri masing-masing mau terjun kemana?. Dan aku pun masih dalam proses itu.

17 comments:

'Maya' Poespowigoeno said...

Nuriii...kangeeennn...akyu cuma bisa doain Nuri bisa dapet yang terbaik yaa...good luck always my dear..!!

Tina Martiana said...

mbak.. cuek aja ya.. jangan sampe tertekan sama omongan orang.. Aku yakin, kepulangan kalian adalah keputusan terbaik dr kalian ;)

Vergie Rifky said...

selamat beraktivitas ya nur, apapun jenis aktivitas itu, pilihan memang ada pada diri masing-masing :) tapi dari pengalaman temenku yang baru menetap di jakarta, kalo kita ga kerja, temen gaul kiri-kanan rumah alias tetangga ya si para mbak-mbak itu hehehhe

Agnes Tri Harjaningrum said...

waah udah di bandung nur, surprise :-) kirain mo jd orang cina hehe. Insya Allah apapun keputusannya, mesti yang terbaik ya, moga segera menemukan tempat 'terjun' yang klik di hati :-). Sun buat anak2 yaa :-)

Perjalanan Kami said...

Apapun keputusan itu tentunya yang terbaik. Saya ingin sekali nanti mendengar sharingnya tentang proses adaptasi anak anak, sulit gak, berat gak he he...Saya juga masih dilematis mennetukan jalan selanjutnya, mikir tempat tinggal masa depan. Ah gemana rezekinya. JAdi mas Nano kerja dimana mbak sekarang?

Adna Adam said...

Makasih commentnya.....yah beginilah klo pulang ke tanah air masih meraba-raba.

Untuk Manda...hehehe iya Man.....kalau lagi di rumah emang gaulnya sama si embak-embak itu. Paling liat si ibu-ibunya pas pagi banget atau udah sorean. Itu pun juga jarang.

Damay dikau kalau mudik Bandung mampir ya....

Mbak Agnes emang kita gak niat jadi orang China. Eh aku tetanggaan sama Hermin Wicaksono (temen di FK Unpad kan?)

Adna Adam said...

Mas Nano kerja di Pusat Antar Universitas (PAU) ITB mbak jaziar. Insya Allah kapan-kapan saya cerita gimana proses adaptasi mereka.

Agnes Tri Harjaningrum said...

ya ampuun dunia sempit deh nur :-), iya dulu hermin, temen kuliah malah sempet segeng pas coass :-) Salam buat hermin yaa :-)

IMW IMW said...

Beda rapat di Jerman dan Indonesia, di Jerman ndak pakai gorengan dan kopi :-) he he he he dan gayanya serius terus padahal yg diomongin biasa-biasa aja.

Helwah Balfas said...

Selamat beradaptasi di negeri tercinta. Dinikmati aja jadi terasa ringan segalanya.

Asmanah Beisler said...

wah gimana ya kalo aku yg tiba2 pulang ngak sama suami,pasti juga tetangga pade berpikir buruk ya!

Tina Martiana said...

Eh, btw, mbak, temen2 seangkatan aku yg cewek.. banyak da yg jadi ibu rumah tangga.. :D

Adna Adam said...

Yah begitulah kayaknya mbak As, jadi emang amannya sama suami aja.

hitrifirdaus - said...

mbak nuri....di bandung tinggal dimana? siapa tau suatu saat nanti bisa ketemuan ama mbak nuri di bandung:-)

Adna Adam said...

Na...sayang temennya Ina gak tetanggaan sama kita ya...

Adna Adam said...

Di Cigadung Hitri....yuk mampir..!

Yoanes Bandung said...

Mba Nuri Mas Nano .. selamat datang kembali di tanah air. Rupanya benar dugaan saya, kalau tadi pagi saya melihat Mba Nuri (bersama Mas Nano) di depan PAU ITB. Pokokmen selamat datang kembali yo Mba .. hehe ..

Salam dari Bandung.