Sunday, October 05, 2008

Sholat Ied....? sholat Ied dari Hongkong?!!

Liburan sekolah Adna yang tiba tanggal 30 Sept-5 Okt, menginspirasikan si ayah untuk mengajak kita berlibur sambil mencari suasana Lebaran yang banyak orang Indonesianya. Tadinya mau rencana nengok keluarga Rino di Tokyo dan lebaran di KBRI-nya, tapi karena berbagai kesibukan kita terlambat memasukkan dokumen visa. Walhasil kita bisa ke Jepang baru tanggal 10 Okt, wah ini mah si Adna uda masuk sekolah.

Tapi niat untuk berlebaran dengan orang Indonesia masih tetap ada akhirnya di last minute hanya ada 2 pilihan ke Beijing atau Hongkong. Beijing bisa sholat di KBRI dan banyak tempat bersejarah China yang tentu saja menyenangkan bagi orang dewasa. Hongkong ada Disneyland yang adna udah pengin banget dan tentu saja lebaran dengan orang Indonesia. Yah akhirnya pilihan jatuh ke Disneyland alias ke Hongkong.

Dengan berbekal koper berisi rice cooker (hehehe...kebiasaan yang susah ditinggalin) kita terbang ke Shenzen (kota di RRC) dulu baru dilanjutkan naik mobil ke Hongkong. Sampai di hongkong kita tinggal di hotel tengah kota yang jaraknya dekat sekali dengan lapangan tempat penyelenggaraan sholat ied.

Sehabis istirahat sebentar kita jalan-jalan ke Victoria Park yang memang disediakan khusus hari minggu bagi para TKW asal Indonesia untuk berkumpul mengadakan kegiatan sesuka mereka. Wah begitu masuk park memang isinya orang Indonesia semua. Pada gelar tiker dan duduk berkelompok-kelompok. Ada yang lagi tekun mengaji, latihan musik rebana, ngobrol-ngobrol, jualan makanan,dsb. Toko-toko dan supermarket di sekitar situ semua jualan produk indonesia dengan pelayan 90% berbahasa Indonesia.

Mereka ngeliat kami dengan pandangan bertanya-tanya, siapa sih dia? dari tampang si perempuan kayak TKI (hihihi) tapi kok bawa-bawa anak 2 terus ada laki-laki yang tampangnya kayak India (ini gara-gara mas Nano gak cukur jenggot). Pas ngobrol-ngobrol dengan mereka, mereka bilang maaf jika tadi mereka berpikir yang aneh-aneh hehehe...gak apa-apa kita mah santai aja lagi.

1 Syawal jatuh tanggal 1 Oktober, dan kami bergegas ke lapangan Victoria Park karena sholat ied akan dimulai jam 8 pagi. Wah pemandangan benar-benar seperti di Indonesia. Ribuan perempuan berkerudung dengan baju yang cantik-cantik berduyun-duyun ke lapangan. Victoria park lumayan luas karena meliputi lapangan sepak bola yang berumput dan lapangan basket. Kita jalan menuju lapangan basket.Ternyata seharusnya di lapangan sepak bola, tapi jalan menuju lapangan sepak bola ditutup karena sudah penuh. Ribuan TKW dan kami yang di lapangan basket akhirnya pasrah untuk sholat disitu.

Panitya yang kurang tanggap dengan situasi ini, sibuk meng-extend sound system. Walhasil sholat molor 1 jam. Mana jam 8 pagi matahari udah mulai naik dan panas sekali. Si Adam kelojotan, nangis dan rewel. Adna juga mulai kepanasan. Tadinya dia udah cantik dengan mukenanya, lama-lama gak tahan jadi dilepas dan hanya pake baju kurung dan jilbabnya. Untung ada mbak TKW baik hati yang mau momong Adam, supaya aku bisa sholat. Dia kebetulan lagi gak sholat dan duduknya deketan. Si Adam kepalanya dikrubungi selendangnya, dan alhamdulillah diem.

ALhamdulillah akhirnya meski sholat ied bukan di Indonesia, tapi suasananya betul-betul seperti di Indo. Ketika semuanya bertakbir bersama dan melihat lautan mukena putih wah betapa mengharukan. Pertanyaan Adna, kenapa kok yang sholat hanya perempuan? karena memang yang hadir 90% perempuan. Cuma salut juga dengan pemerintah Hongkong yang katanya betul-betul memperhatikan hak-hak para TKW. Dari mulai standar gaji hingga kesempatan waktu libur.Jadi mereka punya waktu untuk ibadah, kumpul-kumpul dan bentuk pengajian.











Get your new Email address!
Grab the Email name you've always wanted before someone else does!
http://mail.promotions.yahoo.com/newdomains/aa/

6 comments:

Dwi Maryatni Saad said...

hihihihi, sampai ngikik mbacanya Nur...untung baru dipikir yang nggak nggak ya, belum dikomentari hihi...
Selamat Idul Fitri ya Nur, mas Nano, mbak Adna dan Adam....dan mohon maaf atas segala salah khilaf kami selama ini..

Inci Amal said...

selamat lebaran mbak, mohon maaf lahir dan batin. Taqabbalallahu minna wa minkum...

teh rani said...

Mereka juga banyak yang aktif jadi penulis, gabung di FLP. Bahkan sudah menghasilkan buku juga lho!.
betewe
Selamat Hari raya Idul fitri 1429 H. Mohon maaf lahir & batin.

echa jatmiko said...

aneh-aneh? aneh-aneh dari hongkong?:-P

Tina Martiana said...

hahaha... jadi inget waktu beli lensa dr Hongkong.. disangka boongan tea sama Mbak..
Nah, sekarang Mbak sekeluarga habis liburan dari mana??? liburan dari Hongkong... :p
Cerita Disneylandnya ditunggu yah.. mumpung masih bebas online nih.. Minggu depan mah mulai dibatasi.. ;)

W Palwono said...

wah...ini mah bahasanya andy, dari hongkong.....

minal aidin wal faidzin...mas nano, mbak nuri..
eh kirain adna cowok, maap yaa..