Wednesday, March 23, 2005

Oster di sekolah Adna

Kemarin di sekolah Adna diadakan acara Osterkaffe. Orang tua juga diundang untuk hadir. Oster sendiri sebetulnya ada kaitannya dengan salah satu perayaan keagamaan mayoritas orang-orang di jerman. Namun menurut keterangan salah seorang kolega yang berasal dari jerman pula lama kelamaan oster hanya sekedar suatu kegiatan rutin biasa menyambut datangnya musim semi. Biasanya selalu disimbolkan dengan telur dan kelinci. Telur yang merupakan simbol kesuburan menandakan suatu harapan bahwa setelah musim dingin yang panjang dimana semua tumbuhan berguguran daunnya akan tumbuh dan subur kembali seperti sediakala. Sedangkan kelinci memang banyak berhamburan dari sarangnya di musim ini. Sehingga memang sangat cocok untuk menjadi maskot.

Pertama acara tersebut diawali dengan makan bersama. Makanan yang tersaji jangan dibayangkan seperti acara di Indonesia yang serba 'wah', disini hanya makan roti baquet atau roti vollkorn (kecoklatan) dengan butter dan kresse (sejenis tanaman kecil-kecil) ditambah tentu saja telur rebus. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan mencari telur. Berhubung anak-anak masih terlalu kecil sehingga tak mengerti petunjuk sang guru. Padahal telur-telur itu sudah diletakkan di mangkuk kertas beserta mainan ayam-ayaman dan sebungkus biskuit kelinci dan diletakkan di bawah tanaman yang gundul daunnya sehingga mudah sekali terlihat. Anak-anak ternyata cuek-cuek saja baru ketika para orang tua berteriak-teriak gemas menyuruh si anak mengambil salah satu mangkuk tadi, anak-anak dengan sigap mengambilnya. Setelahnya anak-anak makan kembali telur beserta biskuit dan kemudian dilanjutkan dengan bermain bebas.



Image hosted by Photobucket.com
Image hosted by Photobucket.com





2 comments:

TomInta family said...

Waaa kebeneran nih dari jaman kapan aku cari tau ttg Oster. Kenapa kok kelinci sama telur? bukan ayam sama telur gitu.. oo jadi gitu ya simbolis aja ya... hmmm ya ya ya jadi gak gitu penasaran lagi nih...hihi thanks ya Mamanya Adna...:-)

Anonymous said...

wah nuri pas kebeneran...aku juga ditanyain shafiyya...kok hase ada telurnya? :D mau cari-cari..eh diblognya adna ketemu..

danke ya...

sun sayang buat adna