Friday, April 11, 2008

Lebih Berwarna


Waktu buka YM kebetulan ex-Munchener yang sekarang
lagi di Jepang online juga. Karena kangen dan pengen
tahu kabarnya maka aku sapa dia. Pertama tentu saja
saya nanya gimana kehidupan di sana. Katanya hidup di
Jepang serasa lebih berwarna ketimbang di Jerman,
meski hubungan sesama orang Indonesianya lebih erat di
jerman.

Hmm....membandingkan kehidupan di kita di Eropa dengan
di Asia memang beda. Terutama dari sisi pergaulan
dengan warga setempat. Baru beberapa hari di sini,
saya sudah menemukan teman ngobrol ketika sedang di
playground. Meski masih terbatas dengan orang-orang
China pendatang (seperti Taiwan,
Malaysia,Singapur)yang rata-rata bisa berbahasa
Inggris atau bahkan berbahasa Melayu.

Dua orang kenalan dari Malaysia bahkan dengan sangat
perhatiannya menanyakan apakah saya sudah tahu tempat
berbelanja sayur. Atau bahkan ada yang dengan baiknya
membelikan saya beberapa ikan sambil menunjukkan kalau
ikan itu belinya di Carefour dan jenisnya itu (yan
enak untuk digoreng). Di lain waktu si ibu baik hati
ini juga sudah membelikan kurma. Terus tak jarang
mereka itu menanyakan no telpon saya agar lain kali
mereka bisa memberi tahu saya dimana saya bisa beli
ini itu.

Terus ada orang Taiwan yang menawarkan untuk ke
sekolah anak-anak bareng dia naik Taxi. Yang terakhir
bahkan juga sering sekali menolong memberi tahu tempat
membeli keperluan elektronik, buku, dsb. Terus ibu-ibu
lain yan kenalan di tempat les juga begitu, minta no
telpon saya katanya supaya kapan-kapan bisa ditelpon
untuk diajak makan siang.

Apakah sang teman si ex-munchener itu juga mendapat
perlakuan yang sama sehingga dia bilang kehidupannya
jadi lebih berwarna?. Tapi yang jelas melihat mereka,
meski tak persis sama dengan kita secara ras tapi
secara budaya (kebiasaan senyum, basa-basi, tema-tema
obrolan) mungkin lebih mirip dengan kita. Dan itulah
yang membawa kenyamanan hati tersendiri. Eh, tapi
orang Jerman juga ada kok yang ramah, ada kok yang
bisa basa basi, ada kok yang baik ngasih ini itu meski
mungkin saya saja yang kebetulan jarang nemunya.

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com

7 comments:

teh rani said...

kalau orangnya baik seperti Nuri & Mas Nano mah insya Allah banyak yang ngebaikin juga.
Kita memtik apa yang kita tanam

hitrifirdaus - said...

alhamdulillah

nieza graha said...

lain ladang lain pula ilalangnya ya...:-) Gimana makin nyaman dong ya... Salam buat sekeluarga ya...

Dwi Maryatni Saad said...

manggut manggut setuzuuu....

Adna Adam said...

lah teh, jangan-jangan kebalik, kita kan yang baru datang, hehehe

Agnes Tri Harjaningrum said...

jd kesimpulannya lebih enak tinggal di china gitu nur? hehe

Rino Mukti said...

"berwarna" bisa diartikan ke makna sebenarnya mba.....alias barang2 yang dijual dan bisa dibeli disini pun warna2, hohohohoho